Tuesday, December 18, 2012

RESUM

Pertemuan 1
Pada pertemuan pertama kali ini dimulai dengan perkenalan Dosen IMK ( Interaksi Manusia dan Komputer ) yaitu Bpk.H.Syahiduz Zaman M.Kom.
Dalam pertemuan ini sudah mulai dibahas tentang materi di perkuliahan ini namun belum terlalu mendalam masih seputar tentang tujuan dari mata kuliah yaitu:
  • User Friendly ( ramah dengan pengguna ) adalah kemampuan yang diiliki oleh software / program aplikasi yang akan dioperasikan dan mempunyai kemampuan sehingga pengguna measa betah dan nyaman.
  • WYSWYG (What You See What You Get )
  • Mengurangi frustasi,ketidakamanan dan kebingungan pengguna
  • Implikasi adalah meningkatkan kepuasan kerja dan menurunkan absensi pekerja
  • Definisi IMK adalah Sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan
di mana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan computer

Pertemuan 2 (absen)

Pertemuan 3
Pada pertemuan kali ini dijelaskan tentang virtual class ( kelas dunia maya ).Di pertemuan ini Pak Syahiduz Zaman sudah memberikan tugas untuk membuat akun gmail serta membuat blogger masing-masimg siswa sebagai media untuk nge-posting rangkuman materi setiap pertemuan di masing-masing blog mahasiswa. Kenapa memilih blogger ? kenapa tidak memilih yang lain seperti wordpress atau yang lain ? karena di dalam blogger, meskipun kita memiliki akun gmail cuma satu. Tapi kita bisa membuat banyak blog. Yah, intinya beberapa blog cuma punya satu admin . Berbeda dengan wordpress. Yang satu email satu blog. Karena sekarang situs blogger termasuk dalam google. Dimungkinkan dengan adanya berbagai fasilitas untuk mendukung blogger tersebut.
Pertemuan 4
There are 3 kinds of computer application. There are : dekstop application, web application, and mobile application. This is the description. Chet it out.
Dekstop Application :
Web Application :
Mobile Application :
Tapi, dari semua aplikasi tersebut, hari ini lebih dominan membahas ke web application. dan cara membuat web menggunakan joomla, adobe dreamweaver, phpbb, wordpress. Tapi semua itu bisa jalan dengan adanya xampp.

Pertemuan 5
Ini adalah perbedaan faktor manusia dengan komputer
KecakapanManusia KecakapanKomputer
Estimasi Kalkulasi akurat
Intuisi ( Perasaan ) Deduksi logika
Kreatifitas Aktifitas perulangan
Adaptasi Konsistensi
Kesadaran serempak Multi tasking
Pengolahan abnormal/perkecualian Pengolahan rutin
Memori asosiatif Penyimpanan dan pemanggilan kembali data
Pengambilan keputusan non-deterministik Pengambilan keputusan deterministik
Pengenalan pola Pengolahan data
Pengetahuan duniawi Pengetahuan domain
Kesalahan manusiawi Bebas dari kesalahan

Istilah dalam penglihatan manusia
  • Luminans (masuknya cahaya)
    • Banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan obyek
    • Semakin besar luminans sebuah obyek, rincian obyek yang dapat dilihat oleh mata akan semakin bertambah
  • Kontras
    • Selisih antara luminans obyek dengan luminans latar belakang
    • Nilai kontras dapat positif atau negatif
    • Nilai kontras negative akan membuat obyek tidak nampak
  • Kecerahan
    • Tanggapan subyektif pada cahaya
    • Tidak ada kaitan dengan luminans dan kontras, namun luminans dapat berimplikasi pada kecerahan
  • Sudut dan ketajaman penglihatan
    • Sudut penglihatan (visual angle): sudut yang dibentuk antara obyek dengan mata
    • Ketajaman penglihatan (visual acuity): sudut penglihatan minimum ketika mata masih dapat melihat sebuah obyek dengan jelas
  • Medan penglihatan: sudut yang dibentuk ketika mata bergerak ke kiri terjauh dan kekanan terjauh
    • Daerah I, penglihatan binokuler
    • Daerah II, penglihatan monokuler kiri
    • Daerah III, penglihatan monokuler kanan
    • Daerah IV, daerah buta
Penggunaaan warna
Aspek psikologis
  • Hindarkan penggunaan warna berikut secara bersama-sama seperti cyan, magenta, dan kuning karena dapat menimbulkan kelelahan mata
  • Hindarkan warna biru untuk garis tipis, teks dan bentuk kecil, sebab system penglihatan kita tidak disiapkan untuk rangsangan yang tajam, terinci dan bergelombang pendek
  • Pertimbangkan warna tajam untuk pengguna usia tua
  • Warna akan berubah jika arah cahaya sekeliling berubah dan juga akibat penambahan dan penurunan kontras
  • Perubahan warna yang dapat dideteksi bervariasi untuk warna yang berbeda. Merah dan ungu sukar dideteksi dibandingkan dengan kuning, hijau atau biru
  • Hindarkan warna merah dan hijau dalam skala besar pada tempat berseberangan. Warna yang cocok adalah biru-kuning
  • Warna berlawanan yang dapat digunakan bersama-sama mis: merah-hijau dan biru-kuning. Kombinasi hijau-biru memberikan citra jelek
  • Hindarkan perubahan warna tunggal untuk menolong pengguna dengan keterbatasan dalam melihat warna
Aspek kognitif
  • Jangan menggunakan warna secara berlebihan. Penggunaan warna ditujukan untuk menarik perhatian, atau untuk pengelompokkan informasi. Manfaat itu akan hilang jika warna yang digunakan terlalu banyak
  • Waspadalah terhadap manipulasi warna secara tidak linier
  • Kelompokkanlah elemen-elemen yang saling berkaitan dengan warna latarbelakang yang sama
  • Warna yang sama “membawa” pesan yang serupa
  • Kecerahan dan saturasi akan menarik perhatian
  • Urutkan warna sesuai dengan posisi spektralnya
  • Warna hangat (panjang gelombang besar) dapat digunakan untuk menunjukkan aras tindakan. Biasanya warna yang hangat digunakan untuk menunjukkan adanya tindakan atau tanggapan yang diperlukan. Warna yang dingin dapat dipakai untuk menunjukkan status atau informasi latar belakang
Memori manusia ( Sensory stores )
  • Dapat dipandang sebagai sekumpulan register penyangga temporer
  • Informasi yang masuk akan dinyatakan dalam bentuk tak terproses atau tak terkodekan
  • Informasi disimpan dalam bentuk fisik dan bukan dalam bentuk simbolik
Short-term memory
  • Dapat dipandang sebagai penyimpan temporer
  • Informasi yang masuk akan dinyatakan dalam bentuk terkodekan bukan dalam bentuk fisik
  • Sering disebut sebagai working memory
Long-term memory
  • Informasi yang masuk melalui kesadaran penuh yang disebut proses “belajar” atau lewat proses bawah sadar yang terjadi berulang-ulang
  • Berbasis semantic dan diakses secara asosiatif
  • Sifat penyimpanannya sukar dilupakan

0 comments:

Post a Comment

 
;